Apa Artinya Alergi Protein Susu Sapi ?

Apakah Anda mengerti bahwa protein susu sapi merupakan sumber alergen yang paling sering menjadi penyebab pada berbagai reaksi alergi pada si buah hati. Mengapa alergi susu sapi ini bisa terjadi? Karena susu sapi mengandung sedikitnya 20 komponen protein yang dapat merangsang produksi antibodi manusia. Yang menyebabkan alergi adalah protein wheydan casein yang dikandung dalam susu.

Alergi protein susu sapi (ASS) merupakan suatu reaksi akibat ketidaktahanan tubuh terhadap satu atau lebih protein susu. ASS pada umumnya ditemukan pada anak di bawah 3 tahun, terutama pada usia kurang dari 12 bulan, hal ini terkait dengan belum matangnya sistem saluran cerna. Alergi jenis ini paling sering terjadi pada anak di bawah 2 tahun dengan angka kejadian (prevalensi) 2-7,5%.

Oleh karenanya, jika anda dan pasangan adalah atopi / menderita alergi, sebaiknya si kecil dibawa ke dokter anak untuk dilakukan tes alergi. Penting bagi para orangtua untuk mengetahui apa-apa saja pemicu (alergen) yang dapat membuat anak alergi agar dapat menghindarinya. Selain itu, orangtua juga dapat mengantisipasi tindakan apa saja yang perlu dilakukan kala anak mengalami gejala alergi, baik ringan maupun berat.

alergi susu sapiPemicu alergi atau hipersensitivitas ini biasa disebut dengan alergen. Tahukah anda bahwa alergen bisa bermacam-macam, mulai dari bulu binatang, debu, sampai makanan tertentu seperti telur dan kacang-kacangan. Ketika alergen bersentuhan dengan tubuh, bisa dari sentuhan atau sempat masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh memproduksi sejenis protein yang menyebabkan reaksi tidak wajar.

Berikut ini adalah beberapa jenis alergi yang cukup umum terjadi di sekitar kita* :

  1. Alergi makanan (termasuk susu sapi)
  2. Alergi obat
  3. Alergi racun serangga (sengatan)
  4. Alergi bulu binatang
  5. Alergi lateks
  6. Alergi zat kimia tertentu
  7. Alergi musiman (misalnya karena serbuk sari atau udara dingin)

Si kecil yang berbakat alergi disebut dengan atopik, mereka sangat mudah mengalami gejala alergi.

Susu Kambing bubuk murni ini tidak memiliki protein kompleks yang dapat menunjang reaksi allergy seperti hal nya pada susu sapi. Tidak hanya itu, susu kambing Saanen bubuk organic ini juga memiliki ukurang molekul yang jauh lebih kecil jika di bandingkan dengan susu sapi membuat susu kambing Saanen bubuk organic ini pasti lebih aman untuk pencernaan jika di bandingkan dengan susu sapi.

Tahukah anda bahwa alergi susu sapi dapat hilang seiring bertambahnya usia?. Bishop JM, Hill DJ, Hosking CS (1990) Natural history of cow milk allergy: clinical outcome J Pediatr116(6):862-7 menyatakan bahwa anak dengan alergi susu sapi kemungkinan dapat ‘sembuh’, pada:

  • 28% di usia 2 tahun
  • 56% di usia 4 tahun
  • 78% di usia 6 tahun

Sebenarnya perkataan 'sembuh' dari alergi tidak terlalu tepat karena gejala alergi sebagian besar disebabkan oleh atopi (bakat alergi). Jadi sebagian reaksi alergi memang akan menetap seumur hidup anak. Namun dalam beberapa kasus si kecil yang alergi makan tertentu pada masa bayinya bisa jadi tidak lagi alergi terhadap makanan tersebut saat sikecil dewasa.

Copyright Berbagai Artikel Manfaat Susu Kambing  | Susu Kambing Saanen, Susu Kambing Etawa, Susu Kambing Sukamilk, Susu Kambing Impor, Susu kambing India, Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Aceh, Bali, Makasar © 2017 Bandung, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Jawa – West Java.