Susu Kambing Sebagai Makanan dan Minuman

Secara umum susu kambing adalah susu, artinya susu kambing mengandung semua kelebihan susu seperti layaknya susu sapi, namun ada kelebihan dan keunggulan tambahan dari susu kambing

Susu kambing mengandung keunggulan susu dan memiliki lebih sedikit efek negative dan efek samping, ini adalah keunggulan keunggulan yang dimiliki susu kambing

Manfaat Susu Kambing Saanen, susu kambing etawa

1. Anti-Inflamasi alami

Beberapa riset mengatakan bahwa keunggulan utama dari susu kambing adalah anti inflamasi (sakit, panas bengkak) inilah mengapa penderita sakit perut dapat minum susu kambing.

2. Ramah lingkungan dan alami (sedikit rekayasa)

Kambing lebih ramah lingkungan karena membutuhkan tempat lebih kecil dan makanan lebih sedikit, juga proses pemeliharaan kambing standar Eropa adalah tidak menggunakan rekayasa genetika, tidak menggunakan hormone, tidak menggunakan anti biotic dan tidak menggunakan radiasi. Susu kambing tidak mengandung hormone tumbuh bovine somatotropin, hormon yang diperuntukan untuk meningkatkan produksi susu dengan cara yang tidak natural. Kambing tidak di hormon oleh karenanya tidak hanya bergizi tapi juga aman.

3. Membantu metabolisme mineral

the USDA and Prairie View A&M University, mempelajari hubungan susu kambing dengan meningkatnya metabolism besi dan tembaga (mineral) dalam tubuh terutama untuk penderita lemah pencernaan.

4. Cocok secara Biologi dengan tubuh manusia

Susu kambing cocok dengan tubuh manusia secara biokimia dan termodinamika. Secara biokimia susu kambing memeliki lemak essential seperti linoleic and arachidonic acid juga lebih banyak mengandung vitamin B-6, vitamin A, and niacin. Susu kambing juga lebih banyak mengandung potassium, potassium ini membuat susu kambing bereaksi alkalis dalam perut dibanding susu lain yang bereaksi asam dalam perut oleh karenanya susu kambing dapat mengobati sakit asam lambung berlebih atau maag.

Secara Termodinamika, susu kambing bagus untuk manusia. Bayi/anak manusia mulai hidupnya dari berat badan 3.5-4.5kg juga bayi/anak kambing, susu kambing dan susu manusia dirancang untuk menumbuhkan bayi 3.5-4.5kg menjadi 30-45kg bukan dirancang untuk menumbuhkan bayi 30kg menjadi 300kg. Inilah yang mengakibatkan banyak obesitas pada manusia modern. Karena meminum susu hewan yang dirancang untuk hewan besar.

Susunan gizi susu kambing dinilai paling mirip dengan susu ibu (ASI), karena mirip dengan susu manusia maka susu kambing lebih mudah diserap dan dicerna ke tubuh manusia tanpa masalah2 pencernaan.

5. Tidak menyebabkan lactose intolerant

50% orang yang menderita lactose (gula susu) intoleran atau tidak bisa minum susu karena laktosenya, mereka bisa minum susu kambing tanpa masalah

6. Kaya calcium, mudah dicerna dan tidak membuat alergi

Susu kambing kaya calcium dan asam amino tryptophan, dengan efek samping lebih kecil, susu kambing tidak menyebabkan alergi seperti muntah diare dan gatal gatal. Alergi pada susu diakibatkan oleh alpha s1 kasein dalam susu, pada susu kambing zat ini 89% lebih sedikit. Minum susu juga mengakibatkan meningkatnya lendir di tenggorokan, tidak pada susu kambing, lemak dan protein pada susu kambing dengan ukuran sepersembilan lemak dan protein susu membuatnya mudah dicerna dan tidak mengiritasi lambung. Susu kambing bukan hanya tidak mengakibatkan muntah tapi juga mengurangi dan mencegah rasa ingin muntah (misalnya mabuk kendaraan).

7. Susu kambing secara alami sudah homogen

Jika kita masukan susu murni segar dan susu kambing ke kulkas semalaman maka susu sapi akan terpisah (krim dan skim) dan susu kambing tetap seperti semula,susu terpisah karena agglutinin karenanya industry susu menghomogenisasi agar tidak terpisah dengan cara menekan susu melalui filter berpori kecil untuk mengecilkan molekul lemak susu sehingga tidak terpisah. Masalahnya ketika susu dihomogenisasi akan muncul senyawa yang superoxide (radikal bebas) yang dikenal sebagai Xanthine Oxidase. Radikal bebas menyebabkan mutasi DNA yang mengarah ke kanker. Susu kambing tidak mengandung agglutinin dan memiliki molekul lemak lebih kecil tidak perlu dihomogenisasi dan aman dari radikal bebas.

8. Sangat bergizi

Dalam pengobatan natural tradisional, kambing adalah binatang dengan sodium bioorganic, zat ini dikaitkan dengan kekuatan, kelenturan dan semangat vitalitas. Sapi adalah hewan kalsium yang dikenal untuk stabil dan berat. Sodium bioorganic penting untuk menjaga persendian dan kelenturan tubuh.

Susu kambing juga memiliki kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium manusia sehari dalam 3 cangkir, tinggi riboflavin, pospat, Vitamin B12, protein and potassium. Susu kambing memiliki mineral selenium, untuk kekebalan tubuh. Ghandi sendiri menyembuhkan kesehatannya setelah puasa lama dengan minum susu kambing